2010/10/02

Eukaliptus

   Nama ini pasti sudah tidak asing di telinga kita. Eukaliptus adalah sejenis tanaman obat yang berasal dari Australia. ada lebih dari 700 spesies dari eukaliptus, kebanyakan asli dari Australia, beberapa dapat kita temukan di Papua Nugini dan Indonesia dan juga sampai Filipina. Anggota genus pohon ini dapat ditemukan hampir di seluruh Australia, karena telah beradaptasi dengan iklim daerah tersebut. oleh karena itu, Australia seringkali digambarkan dengan tanaman ini. kebanyakan eukaliptus tidak tahan suhun dingin, mereka hanya tahan suhu antara -3 °C hingga -5 °C. Daun eukaliptus menghasilkan minyak esensi yang mengandung senyawa yang merupakan disinfektan alami yang kuat dan dapat menjadi racun dalam jumlah banyak. Beberapa herbivora marsupialia seperti koala dan oposum senang sekali mengkonsumsi daun ini karena perncernaan mereka dapat beradaptasi dengan senyawa yang terkandung di dalamnya.
   Daun eukaliptus merupakan obat tradisional suku Aborigin Australia. Mereka biasa menggunakan daun ini untuk meredakan demam. Bau yang keluar dari eukaliptus yang telahdiremas dapat dipakai untuk melegakan hidung, tenggorokan, dan paru-paru dari sumbatan lendir akibat infeksi pernapasan.
   Daun nya dapat juga dijadikan bobok antiseptik untuk luka dan radang. Sari nya yang telah direbus dapat kita minum juga. Dunia Barat baru mengenal pohon ini pada sekitar abad 19 dan hasil penelitian di Rusia menunjukkan bahwa beberapa spesies dari pohon ini dapat dimanfaatkan sebagai obat malaria dan melawan virus influensa.
   Nektar dari beberapa eukaliptus menghasilkan madu monofloral yang berkualitas tinggi. Daun nya digunakan oleh suku Aborigin untuk menangkap ikan. Membasahi daunnya dalam air dapat melepas pelumpuh yang melumpuhkan ikan sementara. Eukaliptus juga digunakan untuk membuat digeridoo, sebuah instrumen musik udara yang dipopulerkan oleh orang Aborigin Australia.

1 comment:

  1. AnonymousMay 07, 2013

    daun eukaliptus itu yang dijadiin minyak kayu puti itu ya?

    ReplyDelete