2011/10/08

Komponen Konfigurasi Internet

Era ini penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Karna dengan internet kita dapat mengakses informasi apapun yang dibutuhkan dengan sangat mudah. Namun sebelum itu, pengakses internet membutuhkan beberapa komponen untuk menkonfigurasikannya. Berikut adalah komponen-komponen yanga dibutuhkan untuk dapat mengakses internet..


Personal Computer (PC) / Laptop
Komponen ini adalah komponen paling penting dan dibutuhkan jika kita ingin melakukan konfigurasi pada internet. Karena tanpa sebuah Personel Computer (PC) atau sebuah Laptop kita tak akan bisa melakukan konfigurasi.


Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Modem terbagi atas:
  • Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
  • Modem ADSL
  • Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
  • Modem CDMA
  • Modem 3GP
  • Modem GSM



Router
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).


Software Aplikasi Internet
Software aplikasi internet contohnya seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome dan lain-lain yang digunakan untuk mengakses ke internet.



Apabila anda sudah memiliki komponen-komponen seperti di atas maka anda sudah dapat mengakses internet di PC ataupun laptop anda :)




dikutip dari:

No comments:

Post a Comment