2011/01/04

Pengertian Kebudayaan dan Definisinya Menurut Para Tokoh

Kata budaya atau kebudayaan sebenarnya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu 'Budhayyah', yang merupakan bentuk jamak dari 'Buddhi' yaitu budi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang ada hubungannya dengan budi atau akal manusia atau juga segala sesuatau yang berasal dari budi atau akal manusia. Dalam bahasa Inggris sendiri, kebudayaan disebut juga dengan 'Culture' yang berasal dari bahasa Latin yaitu 'Colere' yang mempunyai arti mengolah atau mengerjakan tanah (bertani). 


Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi yang terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaiana, bangunan, dan karya seni. Budaya juga merupakan suatu pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.



Definisi Kebudayaan menurut beberapa tokoh:

-Koentjaraningrat
Kebudayaan berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan 
belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya


-Herskovits
Memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic

-Edward Burnett Tylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

-Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski 
Mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
-Selo Soemardjan
Kebudayaan sebagai hasil karya,rasa dan cipta msyarakat.
Karya : teknologi dan kebudayaan itu sendiri.
Rasa : berkaitan dengan perasaan yang dimiliki manusia.
Cipta : hasil dari pemikiran manusia yang bersifat ke-ilmuan.


Nah, berbagai definisi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Artikel ini saya kutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi pembaca nya yaa..
Sekian dan terimakasih!

2 comments:

  1. mba, boleh saya kasih saran.
    jikalau berkenan tolong memberikan Reverensi sekalian dengan sumbernya. misalkan artikel tersebut dimuat dalam buku apa, halaman berapa, tahun terbit. agar pembaca bisa lebih mempercayai sumber tersebut..

    ReplyDelete
  2. AnonymousJuly 31, 2012

    klo boleh saya kasih saran.
    diperbanyak aja pendapat para ahli

    pendapat para ahli kan banyak sekali

    ReplyDelete